Langsung ke konten utama

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah Untuk Pemula Kangkung,Cabe Rawit, Tomat dan Sawi Hijau

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah Untuk Pemula Kangkung,Cabe Rawit, Tomat dan Sawi Hijau

(instagram @ika_nursamsiah)

Hidroponik adalah


Menanam sayuran dengan sistem hidroponik memang berbeda dengan cara menanam sayuran menggunakan media tanah yang ada pada umumnya.Dengan hidroponik,anda akan lebih mudah dalam menanam sayur karena tidak membutuhkan lahan yang luas.Anda bisa memulainya dengan cara memanfaatkan lahan kosong di teras atau di belakang rumah.Berbagai jenis sayur bisa anda tanam mulai dari kangkung
sawi,bayam,seledri, dan masih banyak lagi.Di bawah ini saya akan memberikan penjelasan kepada anda tentang cara menanam hidroponik dari memilih sistem hidroponik, sampai dengan pemilihan jenis sayur yang akan di tanam.



1.Cara semai bibit di rockwool hidroponik

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah Untuk Pemula Kangkung,Cabe Rawit, Tomat dan Sawi Hijau
(instagram @ika_nursamsiah)


Penggunaan rockwool untuk media penyemaian bibit memang sangat penting. Tahap ini harus di lakukan dengan benar,saya anggap anda sudah mempunyai bibit.Seperti bibit kangkung,bayam,sawi hijau dan lain sebagainya.

Tentukanlah bibit sayur yang akan anda semai.Perhatikanlah langkah-langkah
berikut ini,pertama-tama ambilah satu papan rockwool kemudian buatlah menjadi beberapa bagian kotak kecil, anda bisa perhatikan gambar di atas.

Setelah itu buatlah lubang pada bagian tengah rockwool dengan menggunakan alat solder dan hati-hati menggunakannya.
Setelah semua rockwool di beri lubang sekarang saatnya untuk menaruh bibit pada lubang rockwool tersebut,satu kotak kecil rockwool hanya untuk satu biji bibit. Setelah semua bibit di semai taruhlah pada nampan plastik dan simpanlah di ruangan khusus.Anda juga perlu memperhatikan ketersediaan air dan nutrisi pada nampan,usahakan jangan sampai kering karena bisa berakibat bibit tidak tumbuh, maka dari itu air sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit.


2.Hidroponik sederhana untuk pemula

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah Untuk Pemula Kangkung,Cabe Rawit, Tomat dan Sawi Hijau
(instagram @ika_nursamsiah)

Untuk anda yang baru akan memulai bercocok tanam sayur hidroponik, 
saya akan memberikan tips hidroponik sederhana dengan biaya yang murah dan tentu menghasilkan sayur yang melimpah.
Sistem hidroponik sederhana ini menggunakan limbah bekas atau peralatan bekas di rumah atau sekitar lingkungan tempat tinggal anda.
Di antaranya botol bekas dan gelas plastik bekas.Menggunakan barang-barang bekas di sekitar lingkungan anda ini berarti bahwa anda juga peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan cara memanfaatkan limbah bekas botol dan gelas plastik sebagai media menanam sayur hidroponik sederhana.

Sebelum anda menggunakan beberapa
barang bekas tersebut,sebaiknya botol dan gelas plastik di cuci bersih dari berbagai kotoran yang menempel pada kemasan botol dan gelas plastik.

Sekarang kita masuk ke tahap selanjutnya, menempatkan bibit yang sudah anda semai di rockwool beberapa hari yang lalu kemudian letakan rockwool yang berisi
bibit tadi kedalam botol dan gelas plastik yang sudah di bersihkan dan di beri lubang selanjutnya masukanlah beberapa ml air
kedalamnya.Pastikan air tidak terlalu banyak dan tidak sampai merendam bibit tersebut,tapi cukup merendam pada bagian rockwoolnya saja.Dan jangan lupa berilah nutrisi cair agar bibit bertumbuh subur.

Anda harus memastikan setiap hari, bahwa air yang berada di dalam botol dan gelas plastik tidak habis dan mengering.
Rutin menambahkan air serta nutrisi,hal ini penting di lakukan mengingat bahwa tanaman ini sedang dalam masa pertumbuhan dan tentu membutuhkan air dan nutrisi serta pencahayaan yang cukup.


3.Hidroponik sistem wick

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah Untuk Pemula Kangkung,Cabe Rawit, Tomat dan Sawi Hijau
(instagram @hilma.asyia)

Hidroponik dengan sistem ini sangat efisien dan tentu tidak memerlukan biaya yang mahal.Karena,dengan sistem wick ini medianya menggunakan sebuah boxs plastik atau juga bisa menggunakan boxs stereofoam bekas.Jika anda ingin cara yang simple dan mudah anda bisa membeli peralatan hidroponik sistem wick di marketplace atau toko pertanian,jadi anda hanya tinggal merakitnya biasanya di sertakan buku petunjuknya.



4.Nutrisi tanaman hidroponik


Ini juga hal yang penting yang harus anda siapkan,nutrisi untuk tanaman hidroponik  berfungsi menyuburkan.Nutrisi ini berbentuk cair sama halnya seperti pupuk yang menyuburkan tanaman.Anda juga bisa membelinya di toko pupuk atau di marketplace.Baca buku petunjuk takaran dan penggunaanya, agar menghasilkan tumbuhan yang sehat dan subur.

Apakah anda suka sayur kangkung?sepertinya kangkung adalah sayuran yang banyak di sukai orang.Sayur kangkung bisa di olah menjadi cah kangkung dan oseng kangkung.Untuk menanam kangkung anda tentu harus menyiapkan bibit dan peralatan seperti rockwool,air, solder dan nampan plastik.


Jika semua sudah siap,anda bisa memulai dengan memotong 1 papan rockwool tersebut menjadi beberapa kotak kecil berilah lubang pada setiap rockwool.
Anda bisa melihat gambar di atas agar lebih mudah,setelah itu masukanlah
bibit ke setiap 1 lubang rockwool tadi jika semua sudah slesai.Taruhlah di atas nampan plastik dan berilah air agar bibit bisa tumbuh.Simpan pada ruangan yang khusus sampai bibit tumbuh 4 cm dan siap di pindahkan untuk di tanam.


5.Cara menanam hidroponik sawi hijau

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah Untuk Pemula Kangkung,Cabe Rawit, Tomat dan Sawi Hijau
(instagram @ika_nursamsiah)

Cara menanam sawi hijau ini tidak jauh berbeda dengan menanam kangkung. Anda hanya butuh peralatan yang lengkap,dan bibit yang bagus pastikan juga ketersedaan air cukup.Anda harus mengeceknya setiap hari,air sangat berpengaruh terhadap bibit yang sudah anda semai jika kurang air,bibit bisa-bisa layu dan tidak tumbuh dengan baik.Maka dari itu perhatikan baik-baik saat proses ini berlangsung.



6.Cara menanam hidroponik cabai rawit

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah Untuk Pemula Kangkung,Cabe Rawit, Tomat dan Sawi Hijau
(instagram @ika_nursamsiah)


Sebelum saya memberikan langkah-langkahnya saya anggap anda sudah menyiapkan bibit cabe yang sudah di keringkang.Cukup 3 buah cabe yang di jemur hingga kering dan di ambil bijinya.Menanam cabe rawit hidroponik
berbeda dengan menanam bibit kangkung dan sawi hijau iya.Karena pohon cabe memiliki struktur batang dan akar yang berbeda dengan kangkung dan sawi
Jadi sistem dan media hidroponiknnya juga bebeda.

Lalau bagaimanakah cara menanam cabe rawit ini?persiapkan ember bekas,bibit cabe rawit,pupuk kompos dan tanah. Campur tanah dengan pupuk kompos dengan perbandingan 3:1 lebih banyak tanahnya iya,setelah semua tercampur
masukan kedalam ember bekas tadi hingga penuh.Anda harus bisa memastikan bahwa tanah yang anda siapkan tadi cukup untuk di masukan ke dalam ember.

Setelah itu,masukanlah bibit cabe rawit tadi di atasnya,tutuplah dengan daun-daun
kering.Fungsi ini bertujuan agar bibit cabe tidak rusak saat anda rutin menyiramnya pagi dan sore.Setelah beberapa hari bibit cabe ini sudah tumbuh 6 cm berarti siap untuk di pindahkan.Cabutlah secara perlahan jangan sampai ada akar yang patah setelah itu siapkan 4 ember sedang dengan tanah di campur pupuk kompos
dan masukan kedalam ember.Buatlah lubang pada bagian atas tanah dengan kedalaman 2 cm.Tanamlah bibit cabe yang sudah anda cabut tadi ke setiap lubang pada tiap ember,siramlah  pada pagi dan sore hari.




7.Cara menanam hidroponik tomat

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah Untuk Pemula Kangkung,Cabe Rawit, Tomat dan Sawi Hijau
(instagram @ika_nursamsiah)

Cara menanam hidroponik tomat sama halnya dengan menanam hidroponik cabe.
Apa yang sudah anda pelajari tadi di bagian cara menanam bibit cabe bisa anda terapkan untuk menanam bibit tomat.Jika langkah-langkah yang sudah anda pratekan sebelumnya benar maka penyemaian dan penanaman bibit tomat ini juga akan berhasil.Perawatan,
pemupukan serta penyiraman air harus benar-benar anda perhatikan,lakukan dengan baik agar menghasilkan pohon tomat yang berbuah banyak dan enak.



8.Manfaat hidroponik


Jika anda berhasil praktek menanam sayur hidroponik ini dan menghasilkan sayur mayur yang berkwalitas.Tentu ini menjadi nilai tambah bagi anda.Dan manfaaat lainya adalah anda bisa memanen sayur setiap saat.Jadi tidak perlu setiap hari belanja sayur ke pasar,jika hasil panen sayurnya melimpah anda bisa berbagi kepada saudara dan tetangga anda.



9.Kesimpulan


Belajar menanam hidroponik tidaklah rumit anda hanya butuh ketekunan dan ketelitian,serta belajar dengan penuh kesabaran.Bercocok tanam dengan sistem hidroponik sangat menyenangkan dan menambah pengalaman dalam bidang petanian.

Komentar

  1. Wihhhh..... Keren 👍👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pak,, sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel saya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keterbatasan Bukan Menjadi Halangan

Apa kabar? semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, kali ini saya akan bercerita sedikit mungkin teman-teman atau pembaca blog agar tau kenapa beberapa bulan ini saya tidak menulis artikel. Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis artikel lagi namun karena terkendala alat dan prasarana sebegai media menulis arikel jadi beberapa bulan ini agak tersendat, menulis artikel biasanya bisa melalui HP atau netbook kalau saya untuk menulis artikel mengandalkan HP walaupun agak ribet tapi iya alhamdullilah disyukuri saja. Saya ngeblog mungkin sudah hampir 2 tahun kalau ditanya " sudah pernah dapat penghasilan apa dari ngeblog?  saya jawab iya memang saat ini saya belum pernah menghasilkan dari kegiatan ngeblog tapi, saya bersyukur banyak pengalaman yang bisa saya dapatkan dari ngeblog ini, ditambah lagi jadi menambah kenalan dan pertemanan juga. Saya saat ini sudah berkeluarga dan tingal disebuah kontrakan bersama istri, saya sebenarnya ingin sekali mengembangkan blog saya dengan updat

Hobi masak berawal dari dapur emak

Masak adalah suatu kegiatan yang mengolah berbagai bahan makanan menjadi hidangan yang enak dan lezat, biasanya kegiatan memasak banyak di lakukan oleh ibu-ibu ataupun anak perempuan tapi, lain dengan cerita saya kali ini,yang akan membagikan kisah saya mengapa saya hobi memasak. Saya adalah anak tertua di keluarga saya dari kecil saya sudah terbiasa membantu kedua orang tua saya sepulang sekolah. Saat itu saya masih kelas 4 SD,jadwal saya sepulang sekolah adalah menggembala sapi milik bapak saya,sepulang dari menggembala sapi saya siap-siap untuk mandi dan terkadang saya membantu emak saya di dapur. Setiap sore hari emak saya selalu memasak untuk makan malam kami sekeluarga dengan bahan baku seadanya,kebetulan nenek saya menanam berbagai sayuran untuk di jual di pasar dan saat ada sayur yang tidak habis terjual emak selalu memasaknya menjadi berbagai tumis seperti tumis kangkung dan tumis sawi hijau. Di sela-sela kegiatan memasak saya selalu nimbrung untuk membantu emak un

" Hantu Sawah "

Terdengar suara adzan berkumandang waktu maghrib telah tiba sayup-sayup terdengar suara anak-anak dari kejauhan berbondong-bondong saling berbincang disepanjang jalan, mereka terlihat sangat bersemangat dengan pakaian rapi baju muslim, mereka  nofal,rian,egi,agus,dedi adalah anak-anak yang rajin mengaji walaupun rumah mereka juh dari masjid itu tidak membuat mereka bermalas-malasan menimba ilmu agama untuk bekal kehidupan. Sebut saja nofal dialah yang paling besar dari kelima temannya namun dia juga yang paling penakut diantara mereka. " Nanti pulang ngaji bareng lagi iya soalnya aku takut kalau pulang sendirian "   Ucap nofal sepertinya dia sudah merasa katakutan sedari tadi gelisah, perjalanan kemasjid masih jauh mereka terus menyelusuri jalan dipematang sawah sesekali nofal menoleh kebelakang. Agus sepertinya tau apa yang membuat nofal gelisah sedari tadi, lantas dia bertanya. " Fal kenapa si dari tadi nolah noleh kebelakang terus kamu takut iya,? udah ngg