Langsung ke konten utama

Kita Semua Bisa, Mari Kita Lawan Virus Corona.


Kali ini saya akan menuliskan artikel yang membahas tentang suatu hal yang sungguh membuat kita resah di tahun ini.Hal tersebut berkaitan dengan sebuah virus (bukan virus handphone atau laptop iya)  melainkan virus yang menyerang dan mengancam kesehatan manusia.Virus ini bernama virus corona covid-19, saya tidak bisa secara detail menjelaskannya karena saya bukan seorang profesor atau dokter.


Setahu saya dari pemberitaan di beberapa media di internet dan televisi bahwa virus ini pertama kali muncul dan mulai menginveksi ke manusia di kota wuhan china.Sungguh saya terkejut saat pertama kali melihat berita tentang wabah virus ini di televisi,hal yang membuat saya ngeri adalah begitu cepatnya penyebaran virus dari manusia ke manusia.Melihat begitu banyak orang yang terjangkit saat ini, virus yang memiliki nama panggilan covid-19 ini sudah sampai di indonesia.

Awal mula virus ini terdektesi sudah sampai di indonesia adalah dari pengumuman presiden republik indonesia pak jokowidodo di televisi.
Beliau memberitahukan bahwa memang
benar,virus covid-19 ini sudah menginveksi 2 warga indonesia.Setelah pemberitaan ini di tonton ribuan orang di seluruh indonesia,tentu reaksi orang akan berbeda-beda dalam menanggapi hal ini.Saya pribadi tentu kaget dan merasa takut,saya berfikir, bahwa virus ini benar-benar bukan sebuah virus yang bisa di sepelekan.Penyebarannya begitu cepat.Yang awal mula dari kota wuhan china kini dalam hitungan beberapa minggu dan bulan sudah sampai di indonesia,benar-benar virus yang mengerikan.


Saat ini sabtu 28-03-2020 virus ini sudah menginveksi setidaknya 1.155 orang di seluruh indonesia.Dengan jumlah kematian 102 orang dan sembuh 59 orang. Ini sesuatu yang sangat menghawatirkan, kita tau bahwa penyebaran virus ini begitu cepat dan kita semua tentu bertanya-tanya apakah kita semua bisa mencegah penyebaran virus ini? dan kapankah wabah virus ini usai??.


Kita sudah sering mendengar pribahasa 
Mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Tentu hal tersebut memang benar, mencegah memang lebih baik, lalu bagaimanakah kita bisa mencegah penularan virus corona ini??
beberapa media berita televisi yang menghimbau agar kita semua bisa mencegah penyebaran virus corona ini agar tidak meluas.Di youtube banyak vidio yang memberikan tutorial cara mencegah penularan virus corona. Seperti tips mencuci tangan dan membuat Hand sanitizer.

Kita tentu tau mengapa hal ini terus di serukan ke pada kita semua.Tujuannya adalah Agar penyebaran virus corona ini tidak meluas.Saya,anda dan kita semua saat ini tentu khawatir akan apa yang sedang terjadi di negeri tercinta kita indonesia.Namun anda jangan panik selalu update berita dan intruksi dari pemerintah pusat,daerah dan desa.

Baca juga:Tips Cuci Tangan Pakai Sabun Untuk Cegah Virus Corona Covid-19


Lindungilah diri anda dan keluarga dari penyebaran virus covid-19.Selalu terapkan menjaga kebersihan di dalam rumah dan di luar rumah serta lingkungan tempat tinggal anda.Makanlah makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup dan istirahat minimal 8/9 per hari.Hindari begadang jika tidak penting menurut anda, hindari sebuah perkumpulan banyak orang, sering cuci tangan setelah memegang benda apapun, hindari menyentuh hidup,mulut,mata dan area tubuh lainnya sebelum anda mencuci tangan.Hal ini penting karena virus ini dapat hidup dan menempel pada benda mati, anda juga perlu memakai sarung tangan jika anda ada keperluan mendadak yang membuat anda keluar rumah. Memakai sarung tangan sebagi proteksi untuk diri anda,jangan lupa untuk segera mencuci sarung tangan dan telapak tangan setelah itu bersihkanlah dengan hand sanitizer.


Banyak hal yang bisa anda pelajari dan anda lakukan untuk mencegah diri anda dan keluarga dari penularan virus covid-19
dan tetap berdoa memohon perlindungan kepada Allah Swt untuk kesehatan kita semua.

Komentar

  1. perlu bersatu untuk melawan corona, masarakat hrs patuh dg pemerintah, mengalang dana untuk nakes

    BalasHapus
  2. iya betul bu, karena masih banyak masyarakat yang belum begitu faham tentang penularan virus ini, edukasi di setiap plosok juga harus terus di lakukan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keterbatasan Bukan Menjadi Halangan

Apa kabar? semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, kali ini saya akan bercerita sedikit mungkin teman-teman atau pembaca blog agar tau kenapa beberapa bulan ini saya tidak menulis artikel. Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis artikel lagi namun karena terkendala alat dan prasarana sebegai media menulis arikel jadi beberapa bulan ini agak tersendat, menulis artikel biasanya bisa melalui HP atau netbook kalau saya untuk menulis artikel mengandalkan HP walaupun agak ribet tapi iya alhamdullilah disyukuri saja. Saya ngeblog mungkin sudah hampir 2 tahun kalau ditanya " sudah pernah dapat penghasilan apa dari ngeblog?  saya jawab iya memang saat ini saya belum pernah menghasilkan dari kegiatan ngeblog tapi, saya bersyukur banyak pengalaman yang bisa saya dapatkan dari ngeblog ini, ditambah lagi jadi menambah kenalan dan pertemanan juga. Saya saat ini sudah berkeluarga dan tingal disebuah kontrakan bersama istri, saya sebenarnya ingin sekali mengembangkan blog saya dengan updat

Hobi masak berawal dari dapur emak

Masak adalah suatu kegiatan yang mengolah berbagai bahan makanan menjadi hidangan yang enak dan lezat, biasanya kegiatan memasak banyak di lakukan oleh ibu-ibu ataupun anak perempuan tapi, lain dengan cerita saya kali ini,yang akan membagikan kisah saya mengapa saya hobi memasak. Saya adalah anak tertua di keluarga saya dari kecil saya sudah terbiasa membantu kedua orang tua saya sepulang sekolah. Saat itu saya masih kelas 4 SD,jadwal saya sepulang sekolah adalah menggembala sapi milik bapak saya,sepulang dari menggembala sapi saya siap-siap untuk mandi dan terkadang saya membantu emak saya di dapur. Setiap sore hari emak saya selalu memasak untuk makan malam kami sekeluarga dengan bahan baku seadanya,kebetulan nenek saya menanam berbagai sayuran untuk di jual di pasar dan saat ada sayur yang tidak habis terjual emak selalu memasaknya menjadi berbagai tumis seperti tumis kangkung dan tumis sawi hijau. Di sela-sela kegiatan memasak saya selalu nimbrung untuk membantu emak un

" Hantu Sawah "

Terdengar suara adzan berkumandang waktu maghrib telah tiba sayup-sayup terdengar suara anak-anak dari kejauhan berbondong-bondong saling berbincang disepanjang jalan, mereka terlihat sangat bersemangat dengan pakaian rapi baju muslim, mereka  nofal,rian,egi,agus,dedi adalah anak-anak yang rajin mengaji walaupun rumah mereka juh dari masjid itu tidak membuat mereka bermalas-malasan menimba ilmu agama untuk bekal kehidupan. Sebut saja nofal dialah yang paling besar dari kelima temannya namun dia juga yang paling penakut diantara mereka. " Nanti pulang ngaji bareng lagi iya soalnya aku takut kalau pulang sendirian "   Ucap nofal sepertinya dia sudah merasa katakutan sedari tadi gelisah, perjalanan kemasjid masih jauh mereka terus menyelusuri jalan dipematang sawah sesekali nofal menoleh kebelakang. Agus sepertinya tau apa yang membuat nofal gelisah sedari tadi, lantas dia bertanya. " Fal kenapa si dari tadi nolah noleh kebelakang terus kamu takut iya,? udah ngg